apa itu Pancasila……?

Masyarakat Indonesia tentu tidak asing mendengar kata Pancasila, bahkan jika secara acak di tanya “Tahu Pacasila?”. 100% akan menjawab “Tahu…” Tidak diminta pun akan menyebutka isi Pancasila.

Kemudian jika bertanya pada diri kita sendiri “Apa itu Pancasila?” beragam opini akan terjabarkan dalam benak mereka. Saya sendiri juga merasakan kehebatan para pendiri bangsa ini, hingga tercetus Pancasila, 68th silam

Ibarat membangun rumah, perlu pondasi yang kokoh sebelum membangun diatasnya. Saya yakin Pancasila yang djadikan Dasar Negara kita ini, sudah di rancang sedemikian rupa sehingga negara ini mampu berdiri kokoh hingga sekarang ini.

1. Ketuhanan Yang Maha Esa, bangsa indonesia adalah bangsa yang religius bukan bangsa yang ateis Ajaran Agama yang luhur semestinya menjadi pokok keimanan dan keyakinan dalam berbangsa dan bernegara serta pengakuan dan keyakinan bangsa adanya Tuhan sebagai pancipta alam semesta.namun sekarang ini justu agama hanya sebagai kedok saja.

2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradap. Hendaknya kesadaran dalam bersikap dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai moral kebersamaan. Kini, pelanggaran HAM masih belum tuntas.

3. Persatuan Indonesia, Semangat Nasionalisme Negara Kesatuan Republik Indonesia.dan keanekaragamannya wajib di perjuangkan bukan bersatu untuk partai namun NKRI harga mati.

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, adalah dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. sanagt jelas bahwa keadlian bagi rakyat di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merouke.

Sayang sekali penghargaan untuk para pendiri bangsa saat ini kian menurun, ketika para ilet polotik berjuang mengastamakan rakyat hanya untuk kemakmuran partainya dan dirinya sendiri. lalu apa itu Pancasila……?